Earthquake Detector Robot: Memberitahu Adanya Gempa 3 Jam Lebih Awal





Hiren Patel dan beberapa murid dari JT Engineering College di Gujarat, India mengklaim telah menciptakan sebuah robot untuk menditeksi gempa bumi (earthquake) yang disebut dengan Earthquake Detector Robot.

Dengan menggunakan 2 transmitter (sensor) yang diletakkan di dalam perut bumi (tidak dijelaskan seberapa dalam) serta sebuah receiver yang diletakkan di dalam robot maka bila terjadi tanda-tanda gempa bumi, robot akan mengeluarkan bunyi alaram.

Kedua sensor yang ada bisa menditeksi perbedaan suhu dan tingkat air dan dengan koneksi internet hasil pengukuran tersebut akan dikirimkan ke si robot.

Mereka mengklaim bahwa robot ini bisa menditeksi datangnya gempa 3 jam lebih awal sebelum gempa terjadi sehingga memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

3 jam memang menurut kami tidak lama tapi waktu yang cukup untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sebenarnya robot itu boleh dibilang tidak berbuat apa-apa atau bisa juga kan digantikan dengan komputer biasa. :-) Anyway, still good innovation!!!!


sumber :http://www.otakku.com/2010/02/05/earthquake-detector-robot-memberitahu-adanya-gempa-3-jam-lebih-awal/